Pages

Rabu, 29 Februari 2012

Permasalahan Hardware

Mengatasi Masalah-masalah Hardware yang Sering Terjadi pada Komputer (Motherboard)...


Hardware atau perangkat keras tidak lepas dari masalah-masalah yang menghambat kerja komputer atau bahkan membuat komputer tidak dapat bekerja/dinyalakan. Pernahkah anda mengalami masalah-masalah pada hardware komputer anda? Apa yang selanjutnya anda lakukan setelah mengetahui hardware anda bermasalah? . Bagi kebanyakkan orang, langsung membawa komputer yang bermasalah ke tukand service komputer.

Sebenarnya menggunakan jasa service kebnyakan  adalah jalan keluar terakhir untuk mengatasi masalah komputer. Banyak kerusakan hardware yang disebabkan kesalahan kecil yang dapat kita perbaiki sendiri dengan mudah dan cepat.

Selain dapat menghemat waktu dan biaya, anda  juga akan mendapatkan pengalaman berharga yang dapat membuat pengetahuan sobat lebih maju dan berkembang.

saya akan berbagi cara mengatasinnya

PERBAIKAN HARDWARE

1. Motherboard

Kita telah mengenal motherboard/mainboard.akan banyak sekali masalah-masalah yang dapat terjadi pada motherboard, namun dalam perbahasan kali ini kita hanya akan menjelaskan tentang satu masalah yang sering terjadipada hardware ini

Masalah 1:mengatasi hang pada motherboard

Ciri-ciri motherboard yang hang dapat kita amati saat booting awal komputer.jika komputer dalam keadaan yang baik,maka akan tampil proses dan tampilan dari komputer.namun,jika motherboard mengalami hang,maka tampilan proses booting yang biasa nya muncul tidak akan muncul dan komputer tidak bisa di nyalakan.dan layar monitor tidak mengalami proses.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka penutup CPU komputer

2. Periksa apakah kabel dan penghubung-penghubung dalam CPU terkoneksi dengan baik.

3. Ciri-ciri motherboard yang heng juga dapat disebabkan oleh perangkat komputer yang lain. jadi, periksalah perangkat komputer yang lain,seperti hard disk,RAM dan VCA card. dan juga periksa apakah ada kotoran atau debu di sekitar motherboard

4. Setelah anda periksa dan perangkat tersebut dalam keadaan baik, maka kita mulai melihat motherboard.

5. Dalam mengatasi masalah motherboard seperti ini,kemungkinan besar terletak pada batrai yang terdapat pada motherboard

6. Lepaskan batrai chmos dari tempatnya

7. Hidupkan lagi komputer seperti biasanya

8. Setelah komputer dihidupkan,lihat pada waktu dan tanggal pada sistem komputer.waktu dan tanggal tidak sesuai karena batrai chmos yang dilepas merupakan batrai yang digunakan untuk mengatur waktu dan tanggal.

9. Setelah itu matikan komputer.

10. Letakkan batrai chmos pada motherboard.

11. Hidupkan komputer kembali.jika komputer kembali mengalami kesalahan pada proses booting,ganti batrai chmos dengan batrai yang baru.

12. Setelah semuanya berjalan dengan lancar,lakukan setting ulang pada waktu dan tanggal.

Setelah berhasil mengatasi masalah pada motherboard,anda dapat mencoba mengatasi masalah perangkat keras yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar